ADMIDTRASI BISNIS
“ SEJARAH PERKEMBANGAN BISNIS “
DI SUSUN OLEH :
Ø NAMA :
ARDIANSYAH
NIM : 115002
Ø NAMA :
KHAIRUDDIN
NIM : 115005
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFOMATIKA
STIMIK HADAYANI
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,
karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, saya bisa menyusun dan menyajikan Makalah
Admidtrasi Bisnis ini yang berisi tentang Sejarah Perkembangan Bisnis sebagai
salah satu tugas kuliah. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada
berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Makalah Admidtrasi Bisnis ini
masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,
penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan
makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun makalah-makalah atau
tugas-tugas selanjutnya.
Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan Sakalah Admidtrasi Bisnis
ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca
dalam memahami maksud penulis.
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................ i
DAFTAR ISI.......................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang....................................................................... iii
B.
Perumusan Masalah...................................................... IV
C. Tujuan Penulisan........................................................... IV
D.
Metode Penulisan.......................................................... IV
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Bisnis........................................................... 1
B. Aktivitas-aktivitas
Bisnis............................................... 1
C. Sejarah
dan Perkembangan Bisnis................................ 2-3
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan..................................................................... ....... 4
B. Daftar pustaka....................................................................... 4
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Berkembangnya
suatu zaman maka tidak akan pernah lepas dari yang namanya perkembangan bisnis
dan teknologi. Dewasa ini telah banyak kita ketahui bisnis-bisnis mulai
bertebaran dan banyak yang telah andil di dalamnya. Teknologi adalah sesuatu
yang mendukung bisnis itu sendiri maka tidaklah salah apabila bisnis dan
teknologi berkembang pesat hampir secara bersamaan.
Bisnis
adalah perantara untuk seseorang memulai usahanya, bisnis sendiri hanyalah
sebuah sebutan yang di dalamnya berisikan aspek dan bagaimana suatu perusahaan
dijalankan. Bisnis sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang
untuk mendapatkan keuntungan seperti halnya ketika bertukar barang atau yang
lebih dikenal dengan barter.
Masuknya
suatu perkembangan global akan menjadi dampak dalam setiap dunia bisnis, entah
itu akan berdampak baik atau sebaliknya akan merugikan. Jika dulu kita mengenal
bisnis dengan cara yang sangatlah sederhana, contohnya seperti saat kita
melakukan barter untuk saling melengkapi kebutuhan sehari-hari. Kini bisnis
tidak hanya menyangkut masalah pribadi belaka melainkan juga melibatkan banyak
aktivitas lainnya.
Dewasa ini
tidak bisa dipungkiri bahwa dunia perbisnisan sangatlah mendominasi sistem
perekonomian baik di Indonesia sendiri atau pun di luar Indonesia. Masuknya
pengaruh global turut mempengaruhi perkembangan bisnis di Indonesia. Untuk
mempersiapkan para calon entrepreneur muda Indonesia dalam menghadapi
tantangan di dunia bisnis masa kini, Universitas Ciputra (UC) mengundang DR.
Bambang S. Pujantiyo seorang direktur eksekutif Ikatan Auditor Teknologi
Indonesia (IATI) dan peneliti di bidang manajemen inovasi dan teknologi
BPPT. Sesuai dengan perkembangan jaman yang semakin berkembang dengan
pesat, tumbuhnya berbagai metode bisnis dan trend bisnis yang semakin
berkembang setiap masa akan menemukan ciri khasnya sendiri dalam menjalankan
bisnisnya dan tidak dapat diterapkan atau sulit untuk diterapkan pada masa-masa
selanjutnya.
Makalah ini
coba meniliki sedikit banyak bagaimana cerita dibalik terjadinya perkembangan
bisnis. Makalah yang jauh dari kata sempurna ini lebih rancu dan mengarah
pada Sejarah dan Perkembangan Bisnis dan akan ada kemungkinan
nantinya isi dari makalah ini hanyalah berisi sepintas penjelasan.
Makalah ini
mencoba untuk menjelaskan sepintas mengenai bisnis dan perkembangan bisnis yang
terjadi. Mulai dari era industri, era teknologi, dan era informasi. Di mana
akan sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis dunia, baik di indonesia
sendiri atau pun di luar indonesia.
iii
B.
Perumusan Masalah
Dalam menyusun makalah ini, penulis merumuskan beberapa masalah berkaitan
dengan :
1. Pengertian
Bisnis
2. Aktivitas-aktivitas
Bisnis
3. Sejarah
dan Perkembangan Bisnis
C.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu sebagi berikut :
1. Untuk menambah ilmu dan pengetahuan mengenai sejarah perkembangan bisnis
2. Untuk memberikan keterampilan baru di bidang IT
D. Metode Penulisan
Dalam menyusun makalah ini, penulis menggunakan metode literatur yaitu
dengan mengkaji buku sebagai acuan yang sesuai dengan pembahasan dan browsing
data di internet.
IV
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang
berkaitan dengan produsen dan konsumen, manajemen, dan sistem-sistem yang akan
dipakai, kegiatan yang ada dalam suatu perusahaan juga menjadi bagian dari
bisnis.
Kegiatan antara konsumen dan
produsen merupakan kegiatan yang terjadi dalam suatu bisnis. Ketika terjadinya
transaksi diantara kedua pihak tersebut, hal yang terjadi tersebut adalah
kegiatan dari bisnis itu sendiri.
Dalam pengertian luas seperti yang
dijabarkan oleh M. Manulang dalam bukunya, bisnis merupakan suatu istilah untuk
menjelaskan segala aktivitas berbagai industri dari yang menghasilkan barang
dan jasa yang diperlukan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Sedangkan
secara sederhana, bisnis berarti suatu sistem yang dipakai untuk memproduksi
barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Karena ia merupakan suatu
sistem dalam masyarakat, maka ada hubungan timbal balik antara bisnis dan
unsur-unsur lain di masyarakat.
Aktivitas-aktivitas Bisnis
Aktivitas yang ada dalam bisnis
memanglah sangat luas dan akan sangat sulit jika dijabarkan secara rinci,
karenanya akan kami sebutkan hanya beberapanya saja antara lain ativitas bisnis
tersebut meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi.
a. Produksi
Pada dasarnya
produksi adalah bagaimana untuk memenuhi setiap kebutuhan lapisan masyarakat
yang dalam dunia bisnis biasa disebut sebagai konsumen. Produksi sendiri dapat
dibedakan atas produksi primer, sekunder, dan tersier.
Produksi primer berarti aktivitas
bisnis menarik sumber daya alam yang ada dilingkungan. Adapun produksi sekunder
adalah sumber daya alam atau bahan mentah yang diproses atau diolah menjadi
barang jadi. Sedangkan produksi tersier lebih mengacu pada jasa-jasa yang ada
pada keduanya. Yang diproduksi pada umumnya berupa jasa.
b. Distribusi
Distribusi
memiliki artian memindahkan tempat barang atau jasa dari produsen kepada
konsumen. Hasil dari produsi merupakan barang keluaran yang akan disampaikan
kepada masyarakat sebagai kebutuhannya.
Distribusi
terlaksana karena adanya penyedia jasa. Sistem distribusi yang baik memberikan
kontribusi kepada pemakai dalam memperluas pasar, ini berarti dapat mengurangi
kebutuhan persediaan yang besar baik bahan mentah atau pun barang jadi.
c. Konsumsi
Konsumsi
adalah banyaknya kebutuhan yang dimiliki atau diperlukan oleh konsumen dalam
suatu barang atau jasa. Konsumsi biasanya dilihat dari kebutuhan yang dimiliki
oleh konsumen tersebut, maka akan dapat diketahui pengeluaran diperlukan.
Seseorang
mempunyai tanggung jawab keuangan seperti membayar pajak penghasilan dan
menempatkan sejumlah tertentu dana persediaan untuk rekening lain-lain. Bisa
ditarik kesimpulan bahwa kebutuhan seseorang terkadang lebih besar dari
apa yang terjadi sebelumnya.
B. Sejarah dan Perkembangan Bisnis
Sejak ratusan tahun lalu sebagian
besar atau mayoritas masyarakat Indonesia hidup dari pertanian. Hanya mereka
yang hidup di daerah pantai sering terlibat dengan perdagangan kecil-kecilan
dan belum pernah memasuki tingkat perdagangan internasional dengan ukuran skala
ekonomis. Menurut mereka bahwa pada zaman dahulu para pedagang Indonesia telah
aktif berdagang rempah-rempah sampai Gujarat, Teluk Arab, dan Madagaskar.
Kemudian muncul Revolusi industri yang membawa perubahan secara drastis dan
sangat penting. Adanya mesin uap menimbulkan perubahan; pada pertanian yang
tadinya menggunakan bajak, dengan tenaga sapi, kerbau, sekarang diganti dengan
traktor dan buldozer yang bertenaga luar biasa. Akhirnya ekonomi tumbuh
pesat dan memberi peluang berkembangnya pabrik-pabrik, perdagangan besar,
perdagangan eceran, dan perusahaan jasa baik perorangan atau pun persekutuan.
Pada zaman globalisasi, dunia yang
paling transparan kita lihat bagaimana hebatnya persaingan bisnis perusahaan
nasional, multinasional, perang ekonomi lewat perdagangan antar bangsa, yang
saling berebut untuk menguasai pasar dunia dalam bidang barang dan jasa. Oleh
karena itu kita harus mulai mengembangkan dan mencurahkan perhatian untuk
membina generasi muda yang akan informasi bidang bisnis ini.
Adapun sejarah bisnis secara garis
besarnya meliputi beberapa hal berikut ini:
a. Era Industri
Era
indusutri dengan pionirnya Henry Ford pemilik dari Ford industrimendapatkan
penghasilan sebesar 10 triliun pertamanya dalam kurun waktu karir kerja selama
25 tahun. Di masa ini barang siapa yang tidak bekerja maka dia tidak akan
mendapatkan penghasilan,namun bagi yang bekerja dengan keras dan dengan
prestasi yang cukup baik dalam ruang lingkup kerjanya akan mendapatkan jaminan
pensiunan dari perusahaan. Tentunya jaminan tersebut jauh dari cukup karena
sudah tidak bekerja lagi.
b. Era Teknologi
Era
Teknologi, masa-masa di mana teknologi menjadi tolak ukur penghasilan yang tak
terbatas karena semakin bagus mutu dari suatu tekhnologi maka yang menciptakan
akan menciptakan suatu passive income yang tak terbatas dari hasil karya yang
diciptakan dan menghasilkan royalti. Di masa ini yang menjadi pionir adalah
Bill Gates pemilik Microsoft dengan penghasilan 10 triliun pertama setelah 12 tahun.
Tentunya dengan menciptakan sebuah teknonogi komputer yang saat ini terus
berkembang dan akan terus menciptakan royalti terus menerus bagi Bill Gates.
c. Era Infromasi
Era
Informasi yang di awali pada awal tahun 1990-an dan terus berkembang pesat
sampai saat ini dan diyakini akan terus berkembang dari tahun ke tahun
selanjutnya. Kecepatan dunia informasi akan memegang penuh dalam perkembangan
dunia bisnis dimasa mendatang mulai dari industri kecil sampai industri
besar,rumahan hingga pabrik, toko, sekolah, organisasi, marketing dan masih
banyak lagi akan membutuhkan kecepatan dalam penyampaian bisnisnya. Dalam hal
ini bisa dikatakan melalui jaringan internet/website yang akan selalu siap
bersedia bekerja untuk Anda 24 jam non-stop tanpa upah akan bekerja untuk Anda.
Saat ini yang menjadi pionir di masa ini adalah Jeff Besos pemilik dari
amazon.com (Toko Online terbesar dunia) dengan penghasilan 10 triliun pertama
dalam kurun waktu 3 tahun perjalanan karir.
Bisnis Indonesia adalah surat kabar
harian dengan segmentasi pemberitaan bisnis dan ekonomi berbahasa Indonesia
yang diterbitkan di Jakarta, Indonesia, sejak 14 Desember 1985. Bisnis
Indonesia diterbitkan oleh PT Jurnalindo Aksara Grafika (PT JAG) yang merupakan
kongsi bisnis empat pengusaha Sukamdani Sahid Gitosardjono (Sahid Group),
Ciputra (Ciputra Group), Anthony Salim (Salim Group), dan Eric Samola. Pemimpin
Redaksi saat ini adalah Arief Budisusilo yang menggantikan Ahmad Djauhar sejak
2009, dengan Wakil Pemred Y. Bayu Widagdo, yang menggantikan Linda Tangdialla
sejak 2012. Setelah tidak bertugas sebagai Pemred, Ahmad Djauhar menjabat
sebagai Wakil Pemimpin Umum dengan tetap sebagai Direktur Pemberitaan Bisnis
Indonesia, sedangkan Linda Tangdialla kini memimpin portal berita Kabar24.com
selaku pemimpin redaksi. Kabar24.com merupakan unit baru dalam kelompok media
Bisnis Indonesia.
Awalnya, koran Bisnis Indonesia
berkantor di bekas bengkel reparasi mesin jahit Singer di Jalan Kramat V/8,
Jakarta Pusat. Koran yang fokus pada berita bisnis, ekonomi, dan umum ini
meroket berkat booming yang melanda lantai Bursa Efek Jakarta pada tahun 1987
dan akibat maraknya industri perbankan sebagai hasil penerapan kebijakan Paket
Oktober (Pakto) 1988.
Pertumbuhan yang baik tersebut
membuat koran ini mampu membangun gedung sendiri dan kantor pun pindah ke Wisma
Bisnis Indonesia (WBI) di Jalan Letjen S. Parman Kav. 12A Slipi, Jakarta Barat,
pada akhir 1990. Namun kemacetan luar biasa di lokasi tersebut dan perhitungan
bisnis pada masa depan membuat koran ini kembali pindah ke wilayah Segitiga
Emas Sudirman.
Mulai 1 Januari 2005 kegiatan
operasional Bisnis Indonesia berpusat di Wisma Bisnis Indonesia (WBI) lantai
5-8, Jalan KH Mas Mansyur No. 12A, Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Saat ini,
Bisnis Indonesia memiliki kantor perwakilan di sejumlah kota di Indonesia yakni
di Medan, Pekanbaru, Batam, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan,
dan Makassar.
Sebagai lembaga pemberitaan, Bisnis
Indonesia juga menjadi pemasok tetap beberapa lembaga pemberitaan internasional
seperti NewsNet Asia (yang menerjemahkan berita Bisnis ke dalam bahasa Jepang,
Factiva (usaha patungan Dow Jones dan Reuters), dan ISI Emerging Markets (dari
kelompok usaha Euromoney Institutional Investor Group Co.), Xinhua (kantor
berita China), dan Bloomberg (kantor berita berbasis di New York, AS).
Sejarah perkembangan bisnis
memanglah tidak pernah bisa diprediksi, oleh karena itu kita sebagai generasi
muda harus selalu memiliki kesiapan untuk menjadi pengganti dari mereka yang
telah berusaha keras sebelumnya.
Demikian pembahasan singkat mengenai
sejarah dan perkembangan bisnis, kurang lebihnya kami mohon maaf dan semoga
bermanfaat.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada zaman globalisasi, dunia yang
paling transparan kita lihat bagaimana hebatnya persaingan bisnis perusahaan
nasional, multinasional, perang ekonomi lewat perdagangan antar bangsa, yang
saling berebut untuk menguasai pasar dunia dalam bidang barang dan jasa.
Sejarah dan perkembangan bisnis
secara garis besar dapat digolongkan menjadi tiga antara lain:
B.
DAFTAR PUSTAKA
Manullang. M, (2002), Pengantar
Bisnis, Gajah Mada University Press, UGM, Yogyakarta
Sumarni, Murti., Soeprihanto, John
(1998), Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan), Liberty,
Yogyakarta
https:wikipedia.com/Sejarah Bisnis
(Diakses Jam 05;32 WIB)
Mahmud Machfeodz, Prof. Dr. Mas’ud
Machfoedz, M.B.A, (Juni 2012) Komunikasi Bisnis Modern, Edisi
Kedua, BPFE Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar